Ini Target Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran pada 2024

Tas Batam – Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran (ITP) menargetkan pada 2024 generasi muda terbebas dari pacaran. Hal ini berangkat dari kegelisahan banyaknya pemuda yang ‘rusak’ akibat pacaran dan pergaulan bebas.

Lantas, apa saja langkah konkret gerakan ITP untuk mencapai target?

1. Pembentukan opini lewat media sosial

Ini Target Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran pada 2024

Penggagas ITP La Ode Munafar menuturkan, langkah pertama untuk menghapuskan budaya pacaran di Indonesia adalah pembentukan opini melalui media sosial seperti grup Facebook, Fanspage Facebook, Line, Instagram, dan WhatsApp.

ITP didirikan pada 7 September 2015. Saat itu, Munafar meminta bantuan isteri dan seorang karyawannya untuk update kampanye ITP di medsos terus-menerus. Hingga saat ini, jumlah anggota ITP yang tergabung di grup Facebook sekitar satu juta orang, 300 ribu pengikut di Fanspage, 600 ribu pengikut di Instagram, dan banyak lagi di Grup WhataApp.

“Kami laksanakan (dakwah via medsos) karena perubahan manusia itu dari pembentukan opini dan pemahaman baru,” ungkap Munafar kepada IDN Times, usai deklarasi ITP di Islamic Center Bekasi, Minggu (15/4).

2. Melaksanakan pembinaan rutin secara offline dan online

Ini Target Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran pada 2024

Langkah kedua adalah menciptakan kader-kader berkualitas yang dibina khusus setiap pekan. Munafar menjelaskan, ITP memiliki agenda offline tahunan, triwulan, dan mingguan.

“Setiap tiga bulan sekali ada kajian hits, lalu setiap minggu ada KKI atau Kajian Komunitas Indonesia Tanpa Pacaran untuk memberikan pemahaman rutin pada generasi muda. Kami berikan pemahaman secara mengakar dari masalah akidah, syariah, dan berdakwah bersama,” kata Munafar.

Untuk agenda tahunan, lanjut Munafar, ITP membuat kampanye akbar yang dilakukan di daerah-daerah. Tahun lalu, ITP mengusung tema Tolak Pergaulan Bebas, sementara tahun ini mengusung tema 2024 Indonesia Bebas Pacaran.

3. Cara menjauhi pergaulan bebas adalah menjauhi pacaran dan perbanyak ibadah

Ini Target Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran pada 2024

Munafar menjelaskan, cara terbaik untuk menjaga diri dari pergaulan bebas adalah memperbanyak ibadah dan menjauhi pacaran. Menikah memang menghindari zina, namun bukan satu-satunya solusi.

Menurut Munafar, menikah juga perlu dibekali kesiapan baik secara mental, materi, dan agama. Jika belum siap, perbanyak ibadah dan puasa.

“Dari segi usia, saya gak bikin standar. Hukum negara yang bikin pembatasan (usia minimal pernikahan). Standar itu bukan usia. Ketika seseorang sudah mampu gak hanya materi dan fisik, keturunan, tapi siap menikah adalah ketika dia siap memikul hak dan kewajibannya sebagai suami atau isteri. Inti dari pernikahan kalau mau bahagia adalah suami melaksanakan hak dan kewajibannya, begitu sebaliknya,” ujar dia.

Sumber : IDNTIMES

Facebook Comments